|SEE ON MY BLOG

Selasa, 22 Februari 2011

Touring For Dummies

Posted by Kampoeng Sereh 01.13, under | No comments

“Another hotel we can burn/ another Europe map to learn, Another truckstop on the way/ Another bloody customs post, we are the road crew”
we are the road crew” by Motorhead -
Setiap band pasti memiliki impian untuk melakukan berbagai show atau tur dalam dan luar kota, akan tetapi untuk menjamin kesuksesan dalam sebuah tur, mereka memerlukan bantuan.
Road Crew merupakan elemen substansial dalam produksi konser sebuah band atau ketika menggelar tur dijalanan. Solidnya kinerja road crew sebagai kelompok teknisi adalah hal yang penting.
Pekerjaan seorang road crew pada umumnya adalah mengangkat atau memindahkan alat2/insturmen musik dan mempersiapkan serta merawat alat2 tersebut selama band menggelar tur. Tak jarang mereka juga dibantu oleh roadies lokal yang telah disediakan oleh promotor dalam proses load in dan load out equipment.
Disini kami ingin membantu anda untuk mengenal lebih lanjut mengenai Road Crew.
Tour/ Road Manager:
Merupakan orang yang bertanggung jawab penuh dalam mengorganisir jadwal dan mengatur teknis produksi konser sebuah band di lapangan. Ia merupakan ketua rombongan yang mempresentasikan kepentingan artis dan para kru band tersebut di saat tur. Ia harus berkoordinasi dengan promotor atau EO. Ia juga harus secara rutin melaporkan hasil kerja mereka kepada Personal Manager atau General Manager yang stand by di kantor management artis.
Production Manager:
Pihak yang bekerja sama dengan Tour/ Road Manager. Pekerjaannya meliputi pengaturan tata suara, tata cahaya, video, logistik barang dan lainnya. Ia juga yang bertanggung jawab dalam penbuatan jadwal kerja kru dan roadies yang ikut membantu dalam tur.
Stage Manager:
Orang yang mengontrol proses load in dan load out berbagai equipment di panggung. Ia merupakan pihak yang mengatur komando untuk truk2 barang dan hilir mudik instrumen di atas panggung. Biasanya Stage Manager merupkan tangan kanan Production Manager. Ia juga yang bertanggung jawab show dimulai dan diakhiri sesuai dengan jadwal.
Business Manager:
Biasanya dimiliki oleh band2 besar seperti Tesla dan Def Leppard (dan lainnya juga pastinya). Business Manager merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk berbagai urusan finansial. Ia membayar gaji para kru, pajak tontonan, tagihan dan juga pihak yang budgeting produksi konser.
FOH & Monitor Sound Manager:
Ialah pihak yang bertanggung jawab dalam pengaturan sound system. Front of house engineer bertugas dalam pengaturan tata suara yang tebaik bagi penonton.
Monitor Sound Manager bertugas dalam pengaturan tata suara bagi musisi di atas panggung. Kadang untuk menghemat budget, keduanya bisa dilakukan oleh satu orang.
Drum Tech:
Kru yang bertanggung jawab dalam load in dan load out drum, lingkup pekerjaannya meliputi men-setting dan menyetem drum.
Guitar Tech:
Kru yang bertanggung jawab untuk instrumen gitar. Lingkup pekerjaannya dimulai dari persiapan efek gitar, kabel, ampli, cabinet, hardcase, pick sampai penyeteman gitar.
Bass Tech:
Kru yang bertanggung jawab untuk instrumen bass, lingkup pekerjaannya tidak jauh beda dengan Guitar Tech.
Keyboard Tech:
Kru yang bertanggung jawab untuk instrumen keyboard.
Lighting Director:
Merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam tata lampu sebuah konser atau dalam tur.
Mudah2an penjelasan diatas dapat membantu anda dalam mempersiapkan dan merencanakan sebuah tur. Tenang saja, tidak jarang sebuah band hanya menggunakan dua atau tiga orang untuk menghemat pengeluaran.
Ayo sering2 bikin tur!

0 komentar:

Posting Komentar

 
FAMILY / COMPANY GATHERING, SCHOOL REUNION , OUTDOOR ACTIVITY ORGANIZER, PROMOTION STORE EVENT,WEDDING EVENT, VIDEO SHOOTING AND MUSIC SHOW ORGANIZER ---- CONTACT NUMBER: 08989222254, 02196222254 (ALAN)