|SEE ON MY BLOG

Selasa, 22 Februari 2011

Berpikir Detail

Posted by Kampoeng Sereh 01.14, under | No comments

Bicara soal EO adalah berbicara tentang hal yang detil dan kerja keras. Cara kerjanya mempunyai acuan yang tidak jauh beda dengan prinsip dasar kerja di bidang lain. Beberapa hal penting antara lain sebagai berikut :
  • Pemahaman Program.
Seluruh team harus mempunyai tingkat pemahaman tentang program acara yang dibuat, baik secara teknis maupun non teknis agar acara yang dibuat terasa hidup (ada nyawanya)
  • Seni Imajinasi.
Ini adalah imajinasi kita yang terkendali. Artinya sebatas kita mencoba membuat suatu imajinasi tentang proses terwujudnya sebuah program sampai pada saat pelaksanaan program tersebut. Bagaimana alurnya, dimana klimaksnya, dimana daya tariknya, kejutannya dan yang lainnya.
  • Konsep Tertulis.
Ini terwujud dalam bentuk proposal. Dalam membuat proposal harus singkat (tidak bertele-tele), informatif, detil, menarik dan mudah dimengerti. Lebih baik lagi apa bila ada visual yang bisa ditampilkan sebagai penunjang dari proposal.
  • Rancangan Waktu Kerja.
Hal ini biasa disebut dengan time schedule, termasuk susunan acara yang rinci (run down)
  • Rancangan Budget.
Budget pada prinsipnya harus dikontrol setiap hari, terutama pada saat mendekati hari H. Ini penting untuk mencegah terjadinya over budget.
  • Informasi.
Ini merupakan upaya untuk mendatangkan peserta atau audience, untuk acara privat cukup menggunakan undangan sedangkan untuk program event yang besar perlu langkah publikasi, pemasaran, promosi bahkan media.
  • Kontrol Pelaksanaan.
Mendekati hari H dan pada saat hari H, tingkat kontrol harus semakin meningkat, karena di saat-saat itulah biasanya hal-hal tak terduga terjadi dan membutuhkan antisipasi yang cepat untuk menerapkan rencana A, B, C dan seterusnya.
  • Doa Bersama
Hal ini menjadi sangat penting karena apa pun yang kita rencanakan dan kita lakukan, kita perlu membangun kebersamaan yang solid dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk merestui acara kita
  • Laporan.
Setelah evaluasi semua harus tersusun dalam satu dokumen laporan yang lengkap, termasuk dokumentasi. Yang sering terlupakan adalah penyampaian surat ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terkait.
Detil bukan berarti rumit melainkan dengan persipan yang matang dan perhitungan yang tepat akan melahirkan sebuah event yang tak terlupakan, karena kita bisa memberikan hasil yang baik sesuai dengan konsep yang telah di tawarkan ke pihak sponsor. Misi, visi dan target acara bisa tercapai dengan cara berpikir detil.




0 komentar:

Posting Komentar

 
FAMILY / COMPANY GATHERING, SCHOOL REUNION , OUTDOOR ACTIVITY ORGANIZER, PROMOTION STORE EVENT,WEDDING EVENT, VIDEO SHOOTING AND MUSIC SHOW ORGANIZER ---- CONTACT NUMBER: 08989222254, 02196222254 (ALAN)